Mendapatkan Uang dengan Blog (Bagian 1)

Blog = Diary?

Mungkin gak sih? Bisa ya, bisa juga nggak. Yang jelas, jujur, saat tulisan ini dibuat, saya tidak atau belum merasakan bisa mendapatkan uang dengan blog. Kenapa, mungkin karena saya sendiri tidak tahu bagaimana cara mendapatkannya.

Blog, apa itu blog. Berdasarkan sisi history atau sejarahnya blog adalah suatu trend yang terbentuk secara alamiah saat orang berkeinginan mencatat perjalanan hidup atau sesuatu yang menjadi konsentrasinya saat itu.

Sebut saja diary, atau yang biasa kita kenal dengan nama lain "buku harian". Sepintas blog memang mirip dengan diary. Dimana segala hal yang terjadi pada kita sehari-hari, kita tuangkan dalam tulisan-tulisan di buku harian kita. Namun tidak semua prinsip yang ada di diary bisa kita samakan dengan blog.

Meskipun secara tujuan sama, namun diary lebih ke sesuatu yang bersifat pribadi dan tidak ingin dibagi. Sedangkan blog adalah catatan kita yang ingin kita bagi. Dibagikan kepada siapa, tentu saja kepada siapa saja yang mengunjungi situs atau blog kita. Terkadang, ada sebagian orang yang menganggap prinsip "privasi" diary sebenarnya masih berlaku di blog. Bagaimana bisa? Ya, sebagian orang, menganggap dunia internet adalah suatu "hutan" informasi yang lebat dan luas. Sehingga, meski kita menuliskan "uneg-uneg" kita di blog, sama aja kita menyembunyikan "privasi" kita di hutan belantara tersebut. Orang tidak bisa langsung tahu bahwa kita menceritakan curahan hati kita di blog. Sehingga wajar jika masih ada penganut prinsip menulis di blog sama dengan menulis di diary.

Namun lain dulu, lain sekarang. Jika pendapat internet adalah "hutan" informasi, pada kenyataannya, pendapat itu bisa dibenarkan. Begitu banyak informasi yang BISA kita dapatkan di internet dengan jumlah jutaan (mungkin).

Di jaman sekarang informasi yang sebegitu banyaknya ternyata bisa kita dapatkan dengan mudah. Sehingga prinsip menyembunyikan informasi di dunia internet tidak bisa dikatakan benar 100%. Karena semuanya hanya masalah waktu sampai informasi atau catatan yang kita publikasikan di blog kita bisa terbaca oleh orang lain dan gak peduli si orang yang membaca catatan kita itu kenal kita atau tidak.

Adalah "mesin pencari" yang membuat segala hal tentang "jutaan informasi" itu menjadi kecil dan mudah. Dengan lahirnya mesin pencari ternyata orang lebih mudah mencari informasi yang mereka inginkan di internet. Sebenarnya teknlogi mesin pencarian ini sudah cukup lama muncul, namun semenjak lahirnya mesin pencari bernama "Google", pencarian data atau informasi di internet mengalami revolusi yang "sangat mudah". Walaupun dalam hal ini masih bersifat relatif.

Inovasi dan pembaruan teknik pencarian data dari masa ke masa memiliki perkembangan yang cukup baik. Sekali lagi sungguh sangat berterima kasihnya saya dengan Google, dengan inovasi-inovasinya inilah semula dunia internet hanya dilirik oleh kalangan terbatas, menjadi berevolusi sangat cepat. Teknik pencarian data yang diterapkan Google ternyata melahirkan suatu tren teknik yang dinamakan SEO atau bahasa panjangnya adalah Search Engine Optimization. Inilah teknik yang membawa perubahan akan tren blog itu sendiri. Bagaimanapun juga, dengan adanya mesin pencari dan SEO ini, menjadikan hutan belantara itu menjadi "jalan yang memiliki arah". Kalau sudah begitu, sudah bukan jamannya lagi memandang blog adalah diary.