Saya Ingin Situs Saya Bisa Muncul di Google

Minggu, 30 Agustus 2009

Jika anda termasuk orang yang baru mendalami bisnis internet, tentu saja banyak harapan agar pendapatan anda melesat tanpa keringat terlihat. Banyak orang yang mencoba peruntungan di bisnis internet setelah melihat dan mendengar cerita-cerita orang bahwa berbisnis internet dapat menghasilkan keuntungan berlipat dalam tempo yang cepat. Bahkan kita sekedar duduk saja, pendapatan mengalir di ATM kita.

Begitulah pemahaman banyak orang sebelum mengetahu betapa susahnya menjalankan bisnis internet ini. Sebenarnya kendala dalam berbisnis di internet sama dengan di dunia nyata. Yaitu sulitnya memasarkan suatu produk yang ingin kita jual. Mengapa demikian? Tak lain karena internet begitu bebas dan luas. Kalau anda berlangganan TV kabel, tentu anda pasti bingung chanel mana yang menarik buat anda, karena saking banyaknya. Namun, ada beberapa chanel TV yang sudah mendapat positioning di mata konsumen TV kabel, seperti HBO, CNN, Carton Network dan sebagainya. Begitu juga di internet, malahan bersaing di dunia internet sangat berat, apalagi jika kita berjuang sendiri dan tidak dibarengi dengan membangun komunitas seluas-luasnya. Lantas bagaimana untuk membangun positioning, feuh… berat.

Detik.com sebagai portal berita yang up to date pun tidak mudah sampai bisa berhasil menjadi posisi seperti sekarang. Lantas apa kuncinya agar bisa terkenal macam detik.com. Hm…. pertanyaan yang gampang tapi susah untuk di jawab dengan singkat. Ada banyak langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang pebisinis internet agar ia bisa bertarung di jagat internet. Tentu saja tidak akan mudah saya menjelaskan dengan artikel singkat saya ini. Untuk itu, ada baiknya anda mengikuti satu per satu ulasan artikel saya selanjutnya, karena saya akan menjelaskan secara terpisah-pisah.

Menentukan Bisnis di Internet

Dalam memilih dan menentukan bisnis di internet, banyak hal yang bisa anda pilih, mulai dari yang mudah sampai yang berat. Saya sendiri tidak pernah memilah dan menentukan apa saja bisnis internet yang mudah sampai yang berat karena buat saya pribadi semua bisnis berat karena memiliki tantangan sendiri-sendiri bergantung karakteristik bisnisnya. Contoh bisnis di internet seperti membangun perpustakaan online dimana pengguna bisa menelusuri katalog koleksi perpustakaan kemudian memilih untuk meminjam. Tak lama kemudian koleksi yang kita pinjam akan diantarkan oleh petugas kurir dari perpustakaan online. Apakah bisnis ini mudah, nggak juga, kita sebagai pengelola harus rajin-rajin melototin komputer untuk mengetahui adakah permintaan peminjaman, kemudian membayar kurir untuk mengantarkan dan mengambil koleksi dari anggota.

Setelah menentukan bisnis yang akan kita jalankan di internet, kita mesti mempublikasikan keberadaan bisnis kita dalam sebuah web site. Web site bisa diibaratkan toko yang kita pajang di lalu lintas internet dan menunggu sampai ada calon konsumen/pengunjung datang ke web site kita.

Lantas, bagaimana agar ada calon konsumen yang berkunjung ke web site kita?

Banyak cara, salah satunya adalah melalui halaman pencarian macam Google atau Yahoo Search. Banyak pemula yang baru terjun di internet berpikir apabila kita mempublikasikan situs kita di internet, terus halaman kita langsung muncul jika ada orang yang mencari nama web site kita. Padahal tidak semudah itu halaman kita bisa muncul di hasil pencarian mesin pencari macam Google.

Google memiliki suatu teknik dalam meng-index / mendaftar situs kita agar bisa muncul di halaman pencarian. Teknik itu dimanakan crawler, dan yang meng-index dinamakan robot. Dalam hal google, mereka menamakan “googlebot”. Robot ini berjalan otomatis tak kenal lelah dan tersebar ke seluruh penjuru dunia untuk melakukan index / re-index halaman-halaman web yang ada di semua jagat internet. Bayangkan, semua halaman web.

Nah, saking banyaknya situs-situs web, google membutuhkan waktu untuk mendatangi alamat-alamat situs untuk melakukan “survey” dan mendata konten-konten ke daftar mesin mereka. Jadi apabila anda baru saja mempublikasikan situs bisnis online anda di internet, maka butuh waktu yang tak tentu sampai mesin pencari mendaftarkan situs kita. Dulu robot mesin pencari melakukan peng-index-an situs-situs dengan cukup cepat karena suatu tuntutan positioning bisnis mesin pencari. Namun, setelah positioning didapat robot pun melakukan penyempurnaan agar data mereka valid dari waktu ke waktu. Untuk itu, banyak praktisi-praktisi internet yang mengatakan masa waktu konten situs mereka terdaftar di mesin pencari dengan masa waktu yang bervariasi. Ada yang bilang 3 hari, dan ada juga yang bilang 6 bulan kemudian. Bahkan ada juga yang sudah terdaftar di mesin pencari, tahu-tahu hilang alias ditendang oleh robot mesin pencari, nah loh, kok bisa? Tunggu dan baca artikel saya berikutnya.