Apa Itu Page Rank

Page Rank adalah istilah untuk menggambarkan ranking suatu halaman dari artikel yang ada di situs anda. Setiap artikel yang anda tulis akan memiliki dampak relevansi informasi yang terkandung dengan informasi lain yang ada di internet. Relevansi tersebut dihitung beradasarkan beberapa faktor seperti relevansi sebuah keyword pada mesin pencari terhadap informasi yang terkandung pada artikel, atau bisa juga karena faktor tautan/link baik dari halaman lain dari satu situs yang sama atau ditautkan oleh situs lain.

Setiap saat nilai page rank situs kita berubah-ubah dari waktu ke waktu. Hal ini dikarenakan google sebagai pencetus algoritma page-rank ini selalu melakukan perhitungan ulang jumlah referensi ke situs kita dari hari ke hari. Mereka memiliki mesin yang cukup banyak dan tersebar di seluruh dunia yang melakukan proses rekalkulasi page-rank tersebut setiap hari secara otomatis.

Apa pentingnya Page-Rank?

Semakin populer situs kita atau informasi yang kita publikasikan di situs kita, semakin besar kemungkinannya menarik minat pemasang iklan untuk memasangkan iklan pada halaman situs kita, yang berarti ujung-ujungnya adalah, situs anda dapat menghasilkan pendapatan dari nilai page-rank tersebut.

Untuk itu, biasanya seorang advertiser (sebutan orang yang mengiklankan) sebelum memasang situs kita, mereka mempelajari beberapa hal yang salah satunya adalah page-rank. Karena mereka beranggapan popularitas = pengunjung. Semakin populer, semakin besar pengunjung situs yang berarti kemungkinan sebuah iklan bisa terlihat/terbaca oleh orang lain semakin besar.

Untuk mempelajari nilai page-rank dari situs kita, banyak tool-tool gratis yang tersebar di internet yang bisa kita gunakan untuk mengevaluasi popularitas situs kita dari waktu ke waktu. Tentu saja tiap tool memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, tidak ada salahnya jika anda membaca page-rank situs anda dengan menggunakan lebih dari satu tool.

Berikut ini daftar beberapa situs penyedia jasa untuk mengecek nilai page-rank kita.

  1. prchecker.info
  2. mypagerank.net