Membangun Komunitas Blog dengan Berkomentar

Aktivitas blog saat ini mulai dikenal luas. Apalagi di Indonesia, komunitas blogger (sebutan bagi pelaku blog) muncul di mana-mana. Maklum saja, blogging (sebutan untuk beraktivitas nge-blog) ternyata memiliki keuntungan yang cukup banyak. Salah satunya adalah menjalin pertemanan dengan teman-teman baru.

Secara nyata, para blogger tidak semuanya kenal dan bertatap muka langsung antara satu dengan yang lain. Namun hal itu bukanlah menjadi halangan bagi blogger untuk mempererat komunikasi dan berbagi segala hal satu sama lain. Bahkan, muncul juga trend komunitas daerah yang mencoba berapresiasi di dunia nyata dengan melakukan pertemuan (alias kopdar atau kopi darat), sehingga muncullah nama-nama komunitas, seperti komunitas tugupahlawan (blogger Surabaya), komunitas kediri (blogger Kediri) dan masih banyak yang lainnya.

Bagaimana sih memulai jalinan pertemanan antar blogger?

Saya tidak akan menjawab secara langsung. Terlebih dahulu saya akan jelaskan pengertian kegiatan blogging itu sendiri. Blogging atau kegiatan ngeblog tak lain adalah mempublikasikan karya kita lewat sebuah tulisan yang kita tampilkan dalam sebuah web-site. Inilah sebenarnya kegiatan utama seorang blogger. Agar kita bisa terkenal atau dikenal, maka kita harus membuat sebuah artikel yang tak sekedar menulis suara hati (meskipun itu bukan hal yang dilarang). Maksudnya tak sekedar membuat sebuah artikel adalah kita harus membuat artikel yang cukup menarik untuk mendatangkan pengunjung. Ya, pengunjung atau visitor adalah nadi komunitas yang akan menghidupkan manfaat blog kita. Untuk mendatangkan pengunjung, tentu ada beberapa kriteria yang harus anda perhatikan saat anda membuat sebuah artikel blog.

  1. Artikel yang anda buat harus bermanfaat buat orang lain
  2. Artikel anda setidaknya membahas sesuatu yang cukup up-to-date atau mengikuti kondisi terkini.
  3. Bahasa yang anda buat sederhana. Yang penting tujuan tulisan terpenuhi

Visitor atau pengunjung layaknya sebuah konsumen yang harus kita jaga dan kita pelihara. Ketika pengunjung membaca blog anda, maka terkadang seorang pengunjung ingin berkomentar atas ulasan yang anda buat. Nah, disinilah asal muasalnya pertemanan blogger, yaitu berkomentar. Ketika kita berkomentar, maka pengunjung dimintai identitasnya (yang tentu saja harus dirahasiakan oleh si blogger). Kemudian pengunjung akan berkomentar. Yang namanya komentar tentu tidak bisa kita atur. Bisa aja komentarnya membangun, bisa aja menjatuhkan. Yang jelas, apapun komentarnya anda harus menerimanya dengan ikhas dan berterima kasihlah padanya. Saat kita berterima kasih, berarti kita memberikan respon atas komentarnya tentang ulasan kita.

Selanjutnya, anda tentu saja harus berkunjung silang ke blog pengunjung-pengunjung anda dan tak lupa juga memberikan komentar. Nah, aktivitas komen-mengkomen ini secara terus menerus akan menyebabkan si empu blog tahu bahwa anda pengunjung setianya, dan tentu saja si empu blog pun juga akan turut ikhlas berkunjung ke blog kita lagi.

Sudahkan anda berkunjung ke blog teman anda?